-

Tentukan Pilihan Kamu ! Wordpress atau Blogspot ?

Persaingan dunia blogging semakin ketat, keras dan berat dengan hadirnya banyak blog SEO dengan berbagai konten. Jenis blog beragam, kontenya bagus-bagus dengan artikel yang penuh denagn informasi.

Sebagai pengguna internet, kita sangat beruntung karena ada dua raksasa layanan publikasi blog yang menyediakan tempat untuk meluapkan ide dan gagasan gratis. Tunggu dulu ! ide yang kita tulis sekali sentuh langsung hadir di internet.


Wordpress dan Blogger ! pilihan tepat untuk meluapkan emosi jiwa ke sebuah tulisan. Bukan hanya itu saja, Wordpress dan Blogger selalu menerima kita sebagai anggota baru untuk memiliki website menggunakan sub domain Wordpress dan Blogspot Gratis tanpa dipungut biaya !

Sebelum menentukan untuk menentukan pilihan diantara Blogger dan Wordpress, kedepan kita akan enjoy dalam mengisi konten yang kita bangun.

Saya ambil dari Wikipedia, Blogger hadir pada anggal 23 Agustus 1999 didirikan oleh  Evan Williams dan Meg Hourihan sedangkan Wordpress didirikan oleh Matt Mullenweg dengan Mike Little sejak tahun 2003. Selengkapnya silahkan mengunjungi wikipedia, lebih jelas dan gamblang.
https://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)
https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress
POST

Selain gratis keduanya menyediakan beberapa fitur yang lengkap, dengan begitu kita bisa mengubah tata letak, theme dan fitur pengaturan lainnya. Blogger menyediakan Postingan yaitu tempat untuk menulis artikel, Wordpress menyediakan Blog post sama fungsinya dengan Blogger.

# Label Dan Kategori
Blogspot dan Wordpress menyediakan label dan kategori, keduanya berfungsi untuk memisahkan suatu artikel sesuai agar tidak amburadul. Misalnya artikel tentan Blog SEO  maka kita masukkan ke label atau kategori BLOG.


# Permalink
Permalink adalah nama url setelah postingan kita publish, misalkan judul terlalu panjang maka permalink bisa kita ubah menjadi pendek. Untuk Blogspot ada dua pilihan yaitu Tautan Pemanen Otomatis dan Tautan Pemanen Khusus. Sedangkan untuk Wordpress hanya menyediakan permalink saja dan bisa kita ubah seperti fitur Blogger.


# Tag Dan Deskripsi Penulusuran
Tag wordpress berfungsi menulis kata kunci sesuai dengan atikel yang kita tulis tujuan bisa bersaing dengan blog lainya. Blogger memiliki Deskirpsi Penelusuran dengan mengubah pengaturan Blogger agar menu ini muncul, simak saja Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Postingan Blogspot. Menu Deskirpsi Penelusuran harus kita isi, karena akan muncul ketika artikel terbaca oleh Serp Google.

# Satistik dan Stat
Sebuah menu untuk memantau jumlah pengunjung Blog, dengan demikian kita bisa memantau artikel mana yang dicari pada hari ini. Bukan hanya statsitik jumlah pengunjung, pada menu ini juga menampilkan dari negara mana saja yang sudi mengunjungi Blog.

# Komentar
Hal wajib untuk sebuah Blog, karena dengan komentar merupakan salah satu budaya silahturohmi imbal balik admin kepada pengunjung. Blogger dan Wordpress menyediakan fitur komentar beserta peraturan untuk menghindari SPAM.
  • Wordpress : pending, approved, spam dan trash
  • Blogspot : diterbitkan, menunggu moderasi dan spam
# Page
Page Blgospot dan Wordpress fungsinya sama, untuk memisahkan artikel dengan page / laman yang kita publish. Untuk blogspot laman bisa diatur agar tidak bisa di baca oleh boot Google, dengan mengubah setingan preferensi penelusuran pilihan tag tajuk robot khusus. Tapi hati-hati menggunakan fitur dari blogspot, jika ada kesalahan maka konten blog kita di abaikan oleh Serp Google.

# Tata Letak dan Plugin
Fitur ini berfungsi untuk mengatur menu yang telah disediakan oleh template blogspot maupun wordpress. Untuk Blogger, ada beberapa menu yang tidak bisa dihilangkan atau di remove dari Tata Letak Blogger, sperti Faticon, Header, Blog Post dan Gadget.

Apa yang diberikan oleh Wordpress ? Plugin ! fitur ini sama seperti Gadget Blogger. Ada beberapa plugin unggulan separti Contact Form 7, Yoast SEO, Jetpack dan Plugin lainnya. Beda dengan Blogger, kita bisa mengupload Plugin pihak kedua Wordpress untuk kita gunakan sebagai tambahan yang belum ada di menu plugin Wordpress.

#Template
Theme hukumnya wajib, karena template ibaratnya rumah dan tata letak ibaratnya ruangan kita atur sedemikan rupa agar Blog terlihat indah dan manis. Blogger menyediakan template gratis dengan berbagai desain, tentunya juga kita diberi kewenangan untuk memodifikasi template tersebut.

Jika ingin membeli template premium, banyak sekali website yang menyediakan template bagus untuk kita jadikan pilhan tepat. Upload file dengan ektensi xml ke dasboard theme Blogger.

Wordpress juga demikian, template gratis telah disediakan dengan berbagai desain sesuai dengan pilihan kita. Selain gratis, Wordpress juga menyediakan template premium, cocok langsung order dan kita upload ke wordpress melalu Cpanel hosting pribadi.


# Pengaturan
Wordpress dan Blogger menu pengaturan hampir sama, dari pengaturan bahasa, improt export, bahasa dan pengaturan vital blogger dan werdpress lainnya. Site verification services pada wordpress tidak harus masuk edit html template, ada menu yang menyediakan fitur ini dari Google, Bing, Yandex dan Pinterest. Untuk Blogger, apabila ingin memverifikasi harus menambahkan kode <meta name="###" ke dalam html template blogger.

# Top Level Domain
Blog selft Blogger dan Wordpress bisa kita pindah ke domain pribadi, jadi tidak ada embel-embel self wordpres dan blogspot, blog terlihat profesional. Tapi tunggu dulu, Blogger sudah sudah memiliki hosting sendiri, yaitu Google ! jadi kita tinggal beli domain saja.

Sedangkan Wordpress sifatnya mandiri, jika ingin transfer ke domain pribadi maka kita harus membeli hosting. Dalam hosting tersbut kita akan disediakan fitur Cpanel, disinilah kita bisa mengkases worpress bila sudah kita pindah.

  • Blogger : Gartis Hosting
  • Wordpress : Harus Beli Hosting

Untuk fitur lainnya silahkan menentukan sendiri pilhan kamu antara Blogspot dan Wordpress agar dapat menguasai layanan yang diberikan oleh raksasa Blog Blogger dan Wordpress. Mohon maaf juga bisa ada kesalahan penulisan artkel Tentukan Pilihan Kamu ! Wordpress atau Blogspot ?

Sepertinya saya berpaling ke Blogspot, mungkin bertambahnya umur dan aktifitas pekerjaan asli sebagai penyebabnya. Beberapa tahun kedepan saya masih optimis, Blogger tetap bersedia untuk menampung penulis gratisan dan berbayar, jika penulis tidak melanggar ketentuan Blogger.

Mungkin buat Wordpress juga demikian, selalu menampung penulis untuk membangun Blog menggunakan Wordpress.

Buat Anda semua, selagi masih muda xplore terus apa yang kita miliki, gali terus apa yang kita bisa, selagi mau berusaha pasti ada jalan untuk meraihnya, terima kasih.

3 Responses to "Tentukan Pilihan Kamu ! Wordpress atau Blogspot ?"

  1. Kalau saya pilih blogger aja deh,,,karena memang menurut saya yang paling mudah itu blogger. Dan karena saya juga belum pernah sekalipun mencoba wordpress hhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Eko , seiring berjalannya waktu, yang penting kita tidak menyalahi aturan dari Google ...

      Delete
  2. Paling mudah diterima pake blogspot.. kata para mastah

    ReplyDelete

No Spam ! No URL aktif ! pasti akan saya publish, matur nuwun :) ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel