-

Cerita Perkembangan Algoritma Blogger Dan Youtube

Berbekal dari pengalaman setelah sekian lama iseng bermain dengan dunia blog dan video. Dulu blog sekedar untuk meluapkan aktifitas bermusik, entah itu mp3 dan sofware. Youtube untuk menguplaod video saat saat pas main dipanggung, kebetulan saya seorang seniman alur bawah.

# BLOGGER
Pertama kenal dengan blog hanya iseng semata, buat blog dengan blogger dengan 1 buku yang beli di gramedia. Tips yang lain cari di google dari menambahkan widget, kolom shoutbox dan tukeran link, cara jadul yang kadang membiki tersenyum sendiri. Tapi semua itu butuh pengalaman tersendiri, tidak memikirkan jauh untuk memiliki akun adsense untuk dikaitkan blog.

Konten amburadul, satu blog untuk banyak informasi, dari mp3, berita, musik dan tips membuat blog, lengkap ada disitu. Lucunya dulu cuma copy paste saja, tidak tahu aturan sebenarnya dari blogger sendiri. Ada juga sih beberapa artikel yang resmi dari ketikan sendiri, tapi bahasanya amburadul tidak karuan.


Sisi lain yang aneh juga sampai sekarang, walaupun amburadul kontennya tapi blog malah memiliki pengunjung yang lumayan. Mungkin dulu tahun 2007 - 2008 nan pemain blog masih sedikit dan alogaritma google belum seketat sekarang. Tapi beneran juga, enakan jaman dulu memuat blog, walaupun copy paste tapi ada juga pengunjungnya.

# YOUTUBE
Kenal dengan Youtube sekitar tahun 2009 nan, setelah bisa membuat blogspot. Modal dengan modem zte dan kartu Indosat M2 dengan jaringan GPRS saya bisa meng-uplaod beberapa video. Analitik pengunjung Yotube juga lumayan, dulu mungkin menduduki peringkat pertama dengan kata kunci Jenggleng Jos. Senang banget lah mempunyai saluran Youtube dengan pengunjung yang lumayan, walaupun cuma 2500x.

Seperti blog tadi, Youtube jaman dulu saingan tidak seketat tahun sekarang. Upload dan di publish pasti ada yang nonton walaupun sedikit. Ingat juga, pengguna internet tahun tahun itu masih jarang, hape saja masih sony ericson K700 dan 800, main internet mahalnya bukan kepalang. Semisal ingin bermain internet harus datang ke warnet untuk memutar video di youtube.


Itu sedikit cerita bermain Blogger dan Youtube dijaman saya, sekarang perkembangan jaman semakin canggih. Ingin mencari informasi, belanja dan lain-lain sudah tersedia hanya beberapa sentuh saja. Jaringan internet sudah tembus di desa-desa menggunakan provider sesuai dengan selera dengan beberapa pilihan paket data.

Setelah saya cermati, kebanyakan Blogger sekarang hanya mengejar untuk diuangkan dengan Adsense, bukan semata hanya iseng seperti jaman saya. Fasilitas online sekarang juga mendukung, dari forum yang mengulas tentang dunia blogging, munculnya blog baru dengan konten cara mendaftarkan blog agar diterima oleh Google Adsense.


Tapi ingat hal yang penting dari Google, sistemnya selalu berubah dari segi boot, alogaritma dan sistem lainnya. Enakan mana ? blog enakan jaman dahulu, ada efek salju ketika mouse digerakkan ...

2 Responses to "Cerita Perkembangan Algoritma Blogger Dan Youtube"

  1. Wah, blogger lawas nih,,,
    Walau google ganti alogaritma, Tapi tetap betah jadi blogger ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan ini lagi semangat nulis koq mbak, mumpung free gag ada orderan, makasih udah ngasih banyak komentar membangun ...

      Delete

No Spam ! No URL aktif ! pasti akan saya publish, matur nuwun :) ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel